• Jl. Landoh-Kunir Km 2 Glebeg
  • PemdesGlebeg@gmail.com
INFO
  • Segala pelayanan dapat dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Glebeg | Info lanjut hubungi kontak person dibagian atas kanan

Permainan Beberan, Solusi Efektif Sukseskan KB Di Wilayah Kecamatan Sulang

22 November 2020 Admin SID Glebeg Berita Desa Dibaca 591 Kali

Glebeg - glebeg-rembang.desa.id | Ada banyak permainan yang bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi berbagai masalah sosial termasuk dalam mensukseskan program Keluarga Berencana. Salah satu yang efektif adalah memanfaatkan permainan yang kita kenal dengan Beberan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sulang, Nyonya Slamet Haryanto di wisata 1.000 bogor pedak.

Ny. Slamet menjelaskan, Beberan merupakan permainan simulasi mirip dengan Monopoli, di mana pemainnya ada sekitar 10 orang atau lebih. Salah satunya sebagai Konselor atau Petugas yang menguasai permasalahan. 

Dicontohkan Ny. Slamet, jika diperagakan sebagai Beberan KB, berarti harus ada satu Konselor/Penyuluh yang membidangi masalah KB dan pemain yang lain bisa langsung terlibat, jika ada masalah saat itu juga.

"Bukan hanya sekedar membahas tapi juga menyelesaikannya bersama-sama," paparnya, Minggu (22/11/2020)

Teknik permainan Beberan menggunakan dadu. Jika dadu dilempar kemudian jatuh pada sebuah gambar, maka orang yang berada dekat dengan gambar tersebut harus bisa mensimulasikan gambar termasuk menjelaskan sejumlah persoalannya. 

Menurut Ny. Slamet, permainan Beberan bisa melatih orang untuk bertanggung jawab melalui perannya masing-masing.

Ny. Muslikin Ketua TP. PKK Desa Glebeg menyampaikan, PKK mempunyai anggota hingga ke Dasa Wisma. Jika Pemerintah mempunyai program sosial, seperti keluarga sejahtera, program pelatihan/ketrampilan bagi ibu-ibu, bisa bekerjasama dengan PKK menggunakan permainan Beberan.

Dinilai sangat efektif dalam sosialisasi, maka setiap tahun Tim Penggerak PKK Kabupaten Gresik selalu mengadakan lomba Beberan. 

"Kita rasa layak menjadi juara I Lomba Beberan tingkat Kabupaten Rembang mewakili Kecamatan Sulang," pungkasnya. (mun)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar