• Jl. Landoh-Kunir Km 2 Glebeg
  • PemdesGlebeg@gmail.com
INFO
  • Segala pelayanan dapat dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Glebeg | Info lanjut hubungi kontak person dibagian atas kanan

COKLIT SERENTAK DITENGAH PANDEMI

18 Juli 2020 Admin SID Glebeg Berita Desa Dibaca 493 Kali

Glebeg - glebeg-rembang.desa.id | Petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. PPDP dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran mengemban tugas yang sangat penting yaitu melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilih.

Tugas tersebut harus dilaksanakan denganpenuh tanggung jawab, tepat dan teliti atau disebut juga dengan COKLIT (pencocokan dan penelitian). Dalam melakukan kegiatan COKLIT, PPDP menemui pemilih secara langsung atau door to door. Namun, di tengah pandemi covid 19, hal ini akan tampak berbeda.

Sebelum kegiatan COKLIT dilaksanakan oleh PPDP, KPU menggelar kegiatan GCS (gerakan coklit srentak) yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2020. Selama kegiatan berlangsung tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid 19.

PPDP menggunakan APD yang telah disediakan yaitu berupa topi, masker, face shield, dan kaos tangan. Sedangkan petugas  yang lainnya tetap memakai masker. GCS ini dilaksanakan secara bersamaan oleh PPDP di dampingi oleh Panitia pemungutan suara (PPS).

Di kecamatan Sulang, khususnya desa Glebeg GCS dengan dihadiri oleh PPS, PPDP, Panwas, dan sekretariatPPS yang bertempat di balai desa Glebeg di awali dengan apel terebih dahulu dengan tujuan supaya PPDP lebih bersemangat melaksanakan tugasnya melakukan coklit yang menjadi wilayah kerjanya.

Sebagai ketua PPS desa Glebeg ( Yul Yotis)  memimpin langsung acara apel dan dalam sambutannya banyak berpesan dalam menjalankan kegiatan coklit ini PPDP supaya menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku.

Mulai dari awal kegiatan sampai selesai kegiatan bisa berjalan dengan lancar serta tidak meninggalkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid 19. Selain itu, ia menegaskan bahwa APD yang telah disediakan harus selalu dipakai dengan alasan menaati peraturan dan  kita semua wajib melakukan pencegahan rantai penularan covid 19.

Setelah PPDP selesai apel, kegiatan coklit serentak secara langsung dilaksanakan dengan memilih 5 tokoh masyarakat. PPDP desa Glebeg mencoklit beberapa tokoh seperti PNS, tokoh agama,dan perangkat desa. Walaupun bekerja di tengah pandemi covid 19 harapan kedepannya PPDP tetap- menjadi ujung tombak pemutakhiran daftar pemilih tetap semangat dan dapat bekerja dengan sebaikbaiknya. (via)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar