• Jl. Landoh-Kunir Km 2 Glebeg
  • PemdesGlebeg@gmail.com
INFO
  • Segala pelayanan dapat dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Glebeg | Info lanjut hubungi kontak person dibagian atas kanan

Sosialisasikan Rumah Desa Sehat (RDS), Dukung Pengentasan Stunting Pemkab Rembang

21 Desember 2021 Admin SID Glebeg Berita Desa Dibaca 437 Kali

Glebeg-rembang.desa.id | Tampaknya, persoalan kesehatan menjadi perhatian benar oleh pemerintah. Selain persoalan stunting, masalah terkait kesehatan ibu dan anak, air bersih dan sanitasi, juga menjadi priorotas untuk kesehatan masyarakat. Dalam hal ini, dibentuklah satu badan untuk mengurusi masalah ini. Yaitu, RDS (Rumah Desa Sehat). Bagiamana kemudian program-programnya, pembekalan-pembekalan untuk pengurus RDS ini?

Untuk menjawabnya, pada hari Selasa, 21 Desember 2021, pemerintah Desa Glebeg mengadakan pertemuan lembaga desa, serta juga pendamping desa untuk kemudian membayangkan rencana terkait pembangunan desa dalam bidang kesehatan Desa.

Seperti yang disampaikan oleh ibuk bidan desa Iffah, bahwa tidak ada lembaga atau individu yang dapat menyelesaikan persoalan Pengembangan Sumber daya Manusia (PSDM) terutama dalam pemenuhan 5 Paket Layanan Pokok secara mandiri. Apa itu, antara lain, layanan kesehatan ibu dan anak, integrasi konseling gizi, air bersih dan sanitasi, dan perlindungan sosial.

Maka, untuk menyelesaikan persoalan tersebut dibutuhkan wadah atau forum dialog dalam masyarakat. Forum atau wadah ini diharapkan dapat membuka ruang dialog (perbincangan publik) masyarakat dan pemerintah Desa terkait realitas masalah dan kebutuhan pemenuhan layanan sosial dasar, khususnya bidang kesehatan di Desa

Setidaknya, ada 3 materi yang disampaikan dalam pertemuan tersebut. Pertama mengenai konsep Rumah Desa Sehat, kesadaran terhadap stunting, serta bagaimana menyusun perencanaan program RDS di Desa Glebeg.  

Sementara, pemerintah Desa Glebeg mempunyai harapan besar terhadap anggota lembaga desa. "Pusat informasi pelayanan sosial dasar di Desa khususnya bidang kesehatan, ruang literasi kesehatan di Desa, wahana komunikasi, informasi dan edukasi tentang kesehatan di Desa, forum advokasi kebijakan pembangunan Desa di bidang kesehatan, dan pusat pembentukan dan pengembangan kader pembangunan manusia," kata Muslikin Kades Glebeg.

"Selain RDS Desa Glebeg juga fokus untuk penanganan stunting, yang menjadi kampanye yang sering diserukan Pemkab Rembang. Bagaimana kemudian indikator-indikator yang terdapat dalam persoalan stunting ini bisa diselesaikan. Misalnya, sanitasi, air bersih, jambanisasi, makanan tambahan, dan lain sebagainya," imbuh Nur Hidayah Sekdes Glebeg.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar