INFO
  • Segala pelayanan dapat dilakukan di Kantor Pemerintah Desa Glebeg | Info lanjut hubungi kontak person dibagian atas kanan

Bunga Hiasan Meja Dari Daur Ulang Limbah Rumah Tangga Desa Glebeg

02 Oktober 2020 Admin SID Glebeg Produk Desa Dibaca 1.584 Kali

Glebeg - glebeg-rembang.desa.id | plastik sudah menjadi masalah besar di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena sampah plastik hanya bisa bertambah terus sesuai pemakaian dan tidak bisa dikurangi.

Tim Penggerak PKK Desa Glebeg, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, dalam program kerjanya mencoba berinovasi dengan cara memanfaatkan sampah-sampah plastik sebagai bahan kerajinan tangan atau kreasi daur ulang.

Sampah tersebut dibuat menjadi aksesori atau hiasan maupun perabotan rumah tangga.

Salah satu anggota PKK, Lilik, yang aktif memberi pembinaan kepada Tim Penggerak PKK menuturkan sampah-sampah plastik yang ada di pulau tidak boleh di buang ke laut.

“Kita harus memanfaatkannya dengan cara mendaur ulang.Ibu-ibu kalau diperhatikan, di pulau kita, banyak sekali sampah-sampah dari pembungkus snack dan botol-botol minuman. Bagaimana kalau kita pungut dan buat apa saja yang bisa bermanfaat untuk kita,” ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Olehnya Ibu-ibu dari Tim Penggerak PKK Desa Glebeg pun berlomba-lomba memungut sampah-sampah plastic dan dijadikan kerajinan tangan yang bermanfaat.

Seperti sampah plastik bekas pembungkus makanan ringan digunting kecil-kecil lalu dimasukkan ke dalam botol minuman plastik.

Sedikitnya 100 bungkus plastik kerupuk bekas dimasukkan dalam botol plastic.

“Dengan Cara ini diharapkan sampah-sampah yang susah terurai akan berkurang dan dapat terus didaur ulang menjadi hiasan atau menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan di rumah,” jelasnya. (mun)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar